Sabtu, 25 Maret 2017

SYARAT MENUNTUT ILMU


Ali bin Abi Thalib k.w. berkata: "Tidak mungkin ilmu di dapat kecuali dengan ENAM SYARAT, yaitu....;"

1. ZAKA IN (CERDAS).
Apakah orang yang otaknya tidak cerdas tidak akan mendapatkan ilmu? Tentu saja bisa, karena kecerdasan otak dapat dibenahi.Apabila kita tergolong orang yang sulit konsentrasi, malas belajar, daya tangkap lemah, mudah stres, depresi, stroke, cepat lelah, sering pusing, atau bahkan kita menderita autisme. Jangan cemas semua itu bisa di atasi dengan memanfaatkan gelombang ultrasonic teknologi Hikmatul Iman.Salah satu organ manusia yang mempunyai peranan sangat penting adalah otak. Otaklah tempat semua perintah atau keinginan manusia dikendalikan.Masalahnya adalah kesehatan dan kemampuan otak tiap manusia itu berbeda. Kesehatan dan ketajaman otak dipengaruhi bermacam hal. Bila sel otak dapat menjalankan fungsinya secara optimal, tentu output yang dihasilkan sangat berdaya guna. Tetapi bila otak kita tidak berfungsi dengan baik, output-nya pun tentu mengecewakan.Salah satu penyebab umum otak kita tidak mampu berfungsi maksimal, adalah pola makan yang tidak baik. Secara makro, mengonsumsi makanan yang terkontiminasi, lemak, protein, karbohidrat, badan langsung merespons dan mengakibatkan keseimbangan biolekrik di tubuh terganggu, dan keseimbangan biolekrik tubuh terganggu, dan keseimbangan motorik otak sebagai pusat pengendali badan terganggu. Secara mikro, bila kita mengosumsi suplemen yang berlebihan dan badan merespons dalam waktu lama akan mengakibatkan keseimbangan bioelektrik di tubuh terganggu. Dengan berpikir positif, optimistis, mensyukuri ni’mat, mengomsumsi makanan yang halal dan baik, olahraga yang teratur, serta istirahat yang teratur maka keseimbangan otak dapat terjaga dengan baik. Sedangkan polusi udara, polusi lingkungan, radiasi, makanan yang haram dan tidak porsiona, adalah di antara penyebab yang membuat otak tidak optimal dalam menjalankan fungsinya.


2. HIRSHIN (GEMAR).Supaya tujuan kita dalam menuntut ilmu itu berhasil, kita harus bersungguh-sungguh.Karena banyak orang yang otaknya cerdas akan tetapi dia kurang bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu, maka ia tidak dapat memperoleh ilmu, dikarnakan cuma mengandalkan kecerdasan otak saja. memang otak yang cerdas juga termasuk syarat yang bisa mengantarkan seseorang mendapatkan ilmu, akan tetapi apabila cuma kecercasan otak saja yang di andalkan maka akan berakibatkan fatal bagi si pelajar.Ada pepatah mengatakan, balasan itu tergantung dari usaha payah seseorang, maka kalau si pelajar kesungguhan dalam mencari ilmu sedikit, dengan cuma mengandalkan keserdasan otak maka hasilnya pun tidak akan memuaskan.


3. ISHTIBARIN (SABAR).Banyak pelajar yang tidak sukses dikarnakan kurangnya rasa sabar pada diri mereka dalam menuntut ilmu. Maka dari itu marilah kita tanamkan syarat yang ketiga ini mulai dari sekarang juga, karena bagaimanapun juga tidak akan ada ilmu yang bisa didapatkan secara instan.


4. BULGHOTIN (BIAYA).Biaya juga terkadang bisa menghambat kesuksean seorang pelajar dalam mencari ilmu. Dan hal ini biasanya menimpa seseorang yang kurang berkeyakinan kuat. Padahal kalau masalah biaya itu bisa diatasi, dengan si pelajar dapat beasiswa dan lain sebagainya.



5.  IRSYADI USTADZIN (PETUNJUK GURU).Petunjuk guru memang sangat penting kepada si pelajar, lebih-lebih belajar agama di karnakan, menurut Al-Habib Zen bin Smith Madinah seseorang tidak boleh belajar sendiri dalam belajar masaslah agama tanpa adanya syaikh (guru) sedangkan dalam ilmu umum seperti ilmu alam dan lain-lain itu boleh. Dikarnakan apabila di dalam belajar ilmu agama tidak ada gurunya maka akan beakibat fatal bagi si pelajar bias-bisa yang haram menjadi halal yang haram menjadi halal.



6. THULI ZAMANIN (PANJANG WAKTU).Dalam hal ini pelajar harus mempunyai waktu yang panjang.Karena dalam menuntut ilmu itu selain membutuhkan kesabaran Tetapi juga membutuhkan waktu yang lama, sebab tidak ada ilmu yang bisa di dapatkan secara singkat.



<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2444508093313748"
     crossorigin="anonymous"></script>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar