Senin, 27 Oktober 2014

TIGA MACAM “BBM” SEBAGAI BEKAL DALAM MEMASUKI TAHUN BARU
1.    BBM (Betul-Betul Menyadari) Eksistensi Waktu
Waktu adalah pusaran hidup dan kehidupan yang tak satupun makhluk dapat melepaskan diri darinya. Karena itu sebagai makhluk berpikir setiap insan harus pandai menyikapi, mengelola dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Saking pentingnya eksistensi waktu sampai-sampai Allah SWT tidak sekali saja dalam alQur’an bersumpah menggunakan kalimat/kata yang bermakna waktu (seperti; al’Ashr, alLail, adhDhuha). Nabi Saw. pun mewanti-wanti umatnya agar senantiasa pandai memanfaatkan waktu.
2.    BBM (Betul-Betul Meyakini) Eksistensi Manusia sebagai Makhluk Pendosa dan Pelupa
Al-Insaanu Mahallu al-Khatha wa al-Nisyaan (manusia adalah tempat salah dan lupa), oleh karena itu pastinya setiap manusia memiliki dosa dengan sebab bersikap, berbuat, berpikir salah dan sesekali dia lupa akan apa yang telah diperbuatnya. Sehubungan dengan kondisi demikian Allah SWT dan RasulNya menyuruh umat manusia supaya bertaubat; menyadari dosa dan kesalahan yang telah diperbuat dan menyesalinya serta bertekad untuk tidak mengulanginya.
3.    BBM (Betul-Betul Meningkatkan) Kualitas Syukur kepada Allah SWT
Banyak nikmat yang kita rasakan tapi bisa jadi sedikit syukur yang kita lakukan. Andaikan Allah SWT menyuruh kita menghitung nikmat-nikmat itu tentunya akan sangat berat dilakukan. Oleh sebab itu Allah SWT tidak pernah menyuruh manusia menghitung nikmatNya, tapi mensyukuriNya dan itu mudah. Karena Allah SWT Mahatau akan kemampuan manusia. Namun ternyata meskipun bersyukur itu mudah ternyata masih banyak manusia yang belum melakukannya.

1 komentar:

  1. Benar-benar bermanfaat,
    Dan memotivasi untuk menerapkannya😂

    BalasHapus